Kamis, 16 Juni 2011

Materi ke -4 (4maret 2011)

KOMPONEN-KOMPONEN SEBUAH PC
*      CPU
*ALU adalah segala pusat perhitungan matematis / logis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan sebuah PC
*Memory Unit adalah untuk pendukung yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara dari perintah-perintah yang sering digunakan oleh processor.
*Control Unit adalah lalu lintas data sehingga perhitungan dengan eksekusi bisa dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih.

*      MOTHERBOARD
     ~Komponen :
1. Socket CPU
2. Chipset Southbridge
3. Chipset Notrbrigde
4. BIOS
5. Baterai CMOS
6. Slot untuk RAM
7. Port untuk pararel
8. Port Hardisk
9. Port Floppy disk
10. Port Power Supply motherboad
11. Socket power kipas CPU
12. Slot AGP untuk VGA Card
13. Slot PCI
14. Porrt Audio Andog
15. Front Panel
16. Konektor mouse
17. Konektor keyboard
18. Port VGA ke monitor
19. Port USB
20. Port Audio
21. Port Printer pararel
22. Port LAN
23. Audio digital
24. Port serial
25. Slot PCI express 16x untuk VGA card

*      VGA CARD
* Jenis-jenis slot untuk VGA Card :
1. PCI
2. AGP (2x,4x,8x,16x)
3 PCI Express x16

*      HARDISK
* Beberapa contoh Hardisk
=> Hardisk PATA
=> Hardisk SATA
=> Hardisk Notebook

*      OPTICAL DISK DRIVE
* Beberapa contoh optical disk
1. CD ROM
2. CD RW
3. DVD ROM
4. DVD COMBO
5. DVD RW
NIC (NETWORK INTERFACE CARD)
Agar sebuah jaringan computer dapat terhubung ke suatu jaringan, maka computer tersebut harus dilengkapi dengan perangkat yang berupa kartu jaringan atau NIC (Network Interface Card). NIC ini berupa sebuah kartu ekspansi yang dipasang pada salah satu slot ekspansi pada mainboard computer. Jenis NIC yang dipasang pada computer tersebut harus sesuai dengan jaringan yang akan dibangun. Pada NIC ini terdapat konektor yang berfungsi untuk memasang kabel komunikasi dalam jaringan. Konektor yang tersedia sesuai dengan jenis atau tipe kabel yang digunakan.

NIC

Jadi Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna

Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
  • Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
  • Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar