Kamis, 19 Mei 2011

PERTEMUAN KE-5 tgl 22 Maret 2011

ENIGMA

Mesin Enigma adalah sebuah mesin penyandi yang digunakan untuk mengenkripsikan dan mendekripsikan pesan rahasia. Enigma dipatenkan oleh insinyur Jerman Arthur Scherbius, dan awalnya digunakan untuk tujuan komersial, namun nantinya terkenal karena digunakan oleh tentara dan pemerintah Jerman Nazi sebelum dan selama Perang Dunia II. Secara teknis, mesin Enigma termasuk keluarga mesin rotor elektromekanik, yang memiliki berbagai model. Nama Enigma diambil dari kata Latin aenigma, yang artinya teka-teki.

Mesin Enigma merupakan salah satu dari keluarga terkait elektro-mekanis mesin rotor yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi pesan rahasia. The Enigma pertama ditemukan oleh Jerman insinyur Arthur Scherbius pada akhir Perang Dunia I . Model ini dan variannya digunakan secara komersial dari awal 1920-an, dan diadopsi oleh dan layanan pemerintah militer beberapa negara - terutama oleh Nazi Jerman sebelum dan selama Perang Dunia II Beberapa yang berbeda Enigma model yang diproduksi, namun militer Jerman model, Misteri Wehrmacht, adalah yang paling sering dibahas.

Meskipun cipher Enigma memiliki kelemahan kriptografi, dalam prakteknya itu hanya dalam kombinasi dengan faktor-faktor lain (cacat prosedural, kesalahan operator, perangkat keras kadang-kadang ditangkap dan tabel kunci, dll) bahwa mereka diperbolehkan Sekutu kriptografer kelemahan menjadi begitu sukses
Seperti mesin rotor lainnya, mesin Enigma adalah kombinasi dari subsistem mekanikal dan elektrikal.. Subsistem mekanik terdiri dari sebuah keyboard , sebuah set disk berputar disebut rotor diatur pendampingan sepanjang poros , dan salah satu komponen berbagai loncatan untuk menghidupkan satu atau lebih rotor dengan masing-masing tekan tombol. Komponen melangkah bervariasi sedikit dari model ke model..

Rotor
Rotor (alternatif roda atau drum, Walzen dalam bahasa Jerman) membentuk jantung dari mesin Enigma. Each rotor was a disc approximately 10 cm (3.9 in) in diameter made from hard rubber or bakelite with brass spring-loaded pins on one face arranged in a circle; on the other side are a corresponding number of circular electrical contacts. Setiap rotor disk sekitar 10 cm (3,9 in) dengan diameter yang terbuat dari hard karet atau bakelite dengan kuningan -loaded pin musim semi pada satu wajah diatur dalam lingkaran, di sisi lain adalah angka yang sesuai kontak listrik melingkar. Pin dan kontak mewakili alfabet - biasanya 26 huruf A-Z (ini akan diasumsikan untuk sisa deskripsi ini).

Sejarah dan pengembangan mesin
Jauh dari desain tunggal, ada banyak model dan varian dari keluarga Enigma. awal mesin yang model komersial yang berasal dari awal 1920-an. Dimulai pada pertengahan tahun 1920-an, berbagai cabang militer Jerman mulai menggunakan Enigma, membuat sejumlah perubahan dalam rangka meningkatkan keamanan. Selain itu, sejumlah negara-negara lain baik mengadopsi atau mengadaptasi desain untuk mesin Enigma cipher mereka sendiri.




SIMETRIS KRIPTOGRAFI


Disebut sebagai algoritma simetris, karena dalam proses enkripsi dan dekripsinya menggunakan kunci yang sama. Algoritma enkripsi dan deskripsi bias merupakan algoritma yang sudah umum diketahui, namun kunci yang dipakai harus terjaga kerahasiaanya, dan hanya diketahui oleh pihak pengirim dan penerima saja. Kunci ini disebut sebagai private key. Sebelum berkomunikasi kedua pihak harus bersepakat lebih dahulu tentang kunci yang dipergunakan. Pendistribusian kunci dari satu pihak ke pihak lainnya memerlukan suatu kanal tersendiri yang terjagaan kerahasiaannya.
Algoritma kunci simetris memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, yakni:
Kelebihan :
1. Waktu proses untuk enkripsi dan dekripsi relatif cepat, hal ini disebabkan karena efisiensi yang terjadi pada pembangkit kunci.
2. Karena cepatnya proses enkripsi dan dekripsi, maka algoritma ini dapat digunakan pada sistem secara real-time seperti saluran telepon digital.
Kekurangan :
3. Untuk tiap pasang pengguna dibutuhkan sebuah kunci yang berbeda, sedangkan sangat sulit untuk menyimpan dan mengingat kunci yang banyak secara aman, sehingga akan menimbulkan kesulitan dalam hal manajemen kunci.
4. Perlu adanya kesepakatan untuk jalur yang khusus untuk kunci, hal ini akan menimbulkan masalah yang baru karena tidak mudah u menentukan jalur yang aman untuk kunci, masalah ini sering disebut dengan “Key Distribution Problem”.
5. Apabila kunci sampai hilang atau dapat ditebak maka kriptosistem ini tidak aman lagi.

Contoh skema enkripsi kunci simetrik adalah :
a. DES (Data Encryption Standard)
b. IDEA (International Data Encryption Algorithm)
c. FEAL

Sifat kunci yang seperti ini membuat pengirim harus selalu memastikan bahwa jalur yang digunakan dalam pendistribusian kunci adalah jalur yang aman atau memastikan bahwa seseorang yang ditunjuk membawa kunci untuk dipertukarkan adalah orang yang dapat dipercaya. Masalahnya akan menjadi rumit apabila komunikasi dilakukan secara bersama-sama oleh sebanyak n pengguna dan setiap dua pihak yang melakukan pertukaran kunci, maka akan terdapat sebanyak (n-1)/2 kunci rahasia yang harus dipertukarkan secara aman.
Contoh dari algoritma kriptografi simetris adalah Cipher Permutasi, Cipher Substitusi, Cipher Hill, OTP, RC6, Twofish, Magenta, FEAL, SAFER, LOKI, CAST, Rijndael (AES), Blowfish, GOST, A5, Kasumi, DES dan IDEA.

Ada banyak sekali cara mendistribusikan kunci, salah satunya adalah melalui teknik Kriptografi Simetris. Dalam teknik ini, maka dibutuhkan orang lain yang terpercaya, mungkin dia adalah Trent. Agar anda dapat mengirim kunci kepada Alice dengan sangat rahasia, maka anda bergantung pada Trent ini.
Inilah prosedur bagaimana algoritma simetris dapat membantu anda:
1. Trent meminta kunci random Anda
2. Trent mengirim kunci “A” yang dienkripsi dengan algoritma tertentu berdasarkan kunci random anda kepada anda.
3. Trent mengirim kunci “B” kepada yang tidak dienrkipsi kepada anda dan kepada Alice
4. Anda mendekripsi kunci “A” dengan kunci random anda, anda mempercayai trent.
5. Anda menuliskan kunci simetris anda yang dienkripsi dengan kunci “B” dan mengirim kepada Alice
6. Alice mendekripsi kunci simetris dengan kunci “B” dari Trent (yang sudah dipercayai oleh anda)
7. Anda dan Alice dapat berkomunikasi dengan kriptografi simetris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar